beberapa manfaat pijat atau massage bagi kesehatan tubuh

Biasanya orang akan memijat tubuhnya saat badan merasa lelah setelah seharian bekerja. pijat ini berguna untuk menghilangkan rasa pegal atau relaksasi pada tubuh, namun selain itu ada manfaat dari pijat atau massage yang belum kalian ketahui.

ternyata pijat atau massage juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
nah, kalian bisa mengetahui beberapa manfaat pijat atau massage disini, diantaranya :

1. Paru-paru dan Perut
Saat dipijat, saraf vagus --saraf yang menghubungkan sistem pencernaan ke otak dan mengelola aliran darah ke usus, mengirimkan 'pesan' ke paru-paru untuk bernapas lebih lambat dan dalam sehingga sistem pencernaan bisa bekerja lebih baik. Namun ketika seseorang kelelahan, paru-paru akan bekerja lebih keras dan perut membutuhkan waktu pengolahan yang lebih lama untuk mencerna makanan manis.

2. Jantung
Ketika dipijat pada area punggung, leher, dan dada, denyut jantung Anda menjadi lebih rendah, hingga 10 denyut tiap menitnya. Hal itu membuat tekanan darah turun sebanyak delapan persen. aat

3. Kelenjar
Pijatan bisa membantu Anda untuk kurangi rasa cemas. Saraf vagus menginstruksikan kelenjar adrenal untuk mengurangi produksi hormon stres seperti kortison dan vasopresin.


4. Otak
Gelombang otak memiliki kemampuan untuk berubah-ubah sesuai dengan keadaan tubuh seseorang. Jika dipijat pada pagi hari, maka Anda akan merasa lebih segar dan waspada. Sedangkan jika dilakukan pada waktu tidur, maka Anda akan memiliki waktu istirahat yang berkualitas.


5. Nyeri dan Sakit
Lupakanlah mengonsumsi aspirin karena pijat dapat memicu kekuatan tubuh untuk melawan rasa sakit. Dalam perjalanannya ke otak, sinyal tekanan yang berasal dari sel-sel saraf kulit berjalan melalui tulang belakang --salah satu pusat rasa nyeri. Sinyal tekanan berjalan lebih cepat daripada rasa sakit sehingga mengurangi nyeri.

Info Terkait :

beberapa manfaat pijat atau massage bagi kesehatan tubuh