Cara Membuat Yogurt dengan Mudah



Yogurt adalah minuman yang berasal dari susu ( hewani ataupun nabati) yang di fermentasikan dengan bibit Yogurt selama kurang lebih selama satu hari pada tempat yang steril, sehingga menghasilkan yogurt yang baik. Selain rasanya yang enak dan segar, Yogurt bermanfaat bagi kesehatan tubuh, misalnya melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol, dan bagi kulit juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan menghindari penuaan dini. Jadi bila kita meminum yogurt, selain rasanya yang enak yang kita dapatkan, tapi juga beberapa manfaatnya bagi tubuh.
Yogurt juga dapat di kombinasikan dengan buah buahan, jadi tidak ada salahnya kalau kita membuatanya sendiri di rumah, jadi kita bisa membuat yogurt apa yang kita inginkan. Untuk yang ingin mencobanya di rumah, baca artikel ini :

Cara Membuat Yoghurt


Bahan :
  • 1 liter susu murni
  • Bibit yoghurt 5% dari banyaknya susu murni atau yoghurt biasa tanpa rasa
Cara Membuat :
  • Panaskan susu sapi murni dengan api kecil sambil diaduk-aduk selama 30 menit, tetapi jangan dibiarkan hingga mendidih. Langkah ini bertujuan untuk menguapkan air sehingga tidak terbentuk gumpalan atau solid yoghurt.
  • Kemudian angkat solid yoghurt dan dinginkan hingga hangat kuku, setelah itu tambahkan bibit yoghurt sebanyak 2-5% dari jumlah yoghurt yang telah mengental tadi.
  • Diamkan selama 24 jam dalam wadah yang tertutup rapat, agar menghasilkan rasa asam dan yoghurt yang kental. Semakin tinggi total solid yang terbentuk akan mendapatkan yoghurt dengan hasil yang semakin baik.
  • Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan dengan sirup atau gula, bagi sahabat yang tidak suka dengan rasa yoghurt yang terlalu asam, atau bisa juga ditambahkan dengan rasa jeruk, stawberry atau dengan berbagai rasa lainya.
  • Jika ingin menyimpan yoghurt dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya simpanlah yoghurt kedalam wadah kaca agar yoghurt dapat bertahan lama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep & Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing Muda

Cara Menghilangkan Noda Hitam Pada Kulit Wajah Secara Alami

3 cara agar rambut lurus alami tanpa Rebonding atau Smoothing