Manfaat Kopi bagi Kesehatan Tubuh



Semua orang pasti menggemari kopi, karena kopi merupakan salah satu minuman yang sangat merakyat, bisa anda temukan di mulai dari warung pinggir jalan yang harganya murmer, sampai di kafe yang harganya selangit ...
Biasanya orang meminum kopi saat bangun tiur dan saat akan memulai hari kerja, atau untuk mengurangi rasa ngtantuk. Namun, dibalik itu, ternyata kopi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, tapi apa anda tau manfaat kopi apa saja ?
Buat anda yang belum mengetahui manfaat kopi bagi kesehatan tubuh, bisa simak artikel ini :

1. Mencegah batu ginjal

Peneliti di Harvard menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi empat cangkir kopi sehari memiliki risiko batu ginjal 25 persen lebih rendah. Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya juga menunjukkan hasil yang sama.

2. Mencegah depresi

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine tahun 2011 menunjukkan bahwa wanita yang minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah untuk terkena depresi. Sementara wanita yang minum empat gelas kopi setiap hari memiliki risiko depresi 20 persen lebih rendah.

3. Mempertajam ingatan

Kopi bisa membantu meningkatkan ingatan jangka panjang dan pendek. Dalam sebuah penelitian tahun 2005 yang dilakukan oleh Radiological Society of North America, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi dua kopi berkafein bisa meningkatkan ingatan dan kecepatan reaksi seseorang. Uniknya, penelitian pada tahun 2007 menemukan bahwa wanita yang berusia 65 tahun ke atas dan meminum sekitar tiga cangkir kopi sehari memiliki ingatan yang lebih baik dan tidak menunjukkan penurunan ingatan dibandingkan wanita yang hanya minum satu cangkir kopi setiap hari. Sayangnya hal ini tak berlaku bagi pria.

4. Menurunkan risiko diabetes

Penelitian menemukan bahwa peminum kopi memiliki risiko rendah terkena diabetes tipe 2. Orang yang minum empat cangkir kopi sehari memiliki risiko diabetes tipe 2 50 persen lebih rendah. Hal ini diketahui melalui penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry yang diterbitkan pada awal Januari 2012.

5. Meningkatkan metabolisme

Kopi berkemungkinan membantu Anda menjaga atau bahkan menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa kopi bisa meningkatkan metabolisme, terutama pada wanita. Kopi biji hijau juga diketahui bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

6. Menurunkan risiko penyakit Parkinson

Journal of the American Medical Association di tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein dalam kopi bisa menurunkan risiko terkena Parkinson. Penelitian pada tahun 2010 juga menunjukkan bahwa minum dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan risiko kena Parkinson hingga 25 persen.

7. Memiliki zat antioksidan

Edward Giovannucci, salah satu peneliti Harvard menunjukkan bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan kebanyakan sayur dan buah. Faktanya, kopi merupakan sumber antioksidan nomor satu untuk diet ala Amerika.

8. Meningkatkan kinerja

Kopi dan kafein yang terkandung di dalamnya diketahui bisa meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh saat bekerja. Sebuah penelitian tahun 2008 menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein sebelum olahraga bisa meningkatkan aktivitas dan lama waktu olahraga.

Info Terkait :

Manfaat Kopi bagi Kesehatan Tubuh