Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan


Teh merupakan salah satu jenis minuman yang sangat di gemari oleh semua orang, yang telah mereka lakukan secara turun temurun dari generasi ke generasi, karena teh dipercaya berkhasiat bagi tubuh. Manfaat teh hijau yang anda ketahui mungkin hanya sebagai antioksidan dan melindungi jantung, namun dibalik manfaat itu, ada beberapa manfaat lain yang belum anda ketahui, berikut diantaranya :

Untuk Kesehatan Gigi

Teh mengandung sejumlah kecil fluoride alami, daun yang tua mengandung flouride sebanyak 10 sampai 20 kali lipat dibandingkan dengan yang terdapat pada daun muda dari tanaman yang sama. Fluoride adalah zat kimia yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Ketika fluoride bercampur dengan air liur, bakteri tidak dapat memproduksi asam yang dapat membuat gigi berlubang. Selain itu, fluoride bekerja untuk memperbaiki gigi pada tahap awal kerusakan gigi.

Untuk Merampingkan Perut

Studi menunjukkan katekin (sejenis antioksidan) dalam ekstrak teh hijau dapat memicu penurunan berat badan dengan merangsang tubuh untuk membakar kalori dan menurunkan lemak tubuh, terutama di daerah perut. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa, bila dibandingkan dengan kelompok kontrol, peserta yang mengkonsumsi teh hijau dan mempertahankan program latihan dapat mengurangi lemak total yang lebih besar di daerah  perut mereka.

Untuk Pencegahan Kanker

Berkat polifenol-nya (antioksidan yang ditemukan dalam teh), yang memiliki efek melawan kanker. Sedangkan penelitian secara keseluruhan tidak meyakinkan, bukti menunjukkan polifenol dalam teh, terutama katekin, memiliki aktivitas biologis yang mungkin relevan untuk pencegahan kanker.
Antioksidan ini juga telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan tumor: teh hijau secara khusus telah ditunjukkan untuk mengaktifkan enzim detoksifikasi yang dapat membantu melindungi terhadap perkembangan tumor. Satu studi dari Italia menemukan bahwa dengan meminum tiga cangkir teh hijau setiap hari dapat mencegah kanker prostat pada pria yang memiliki sel-sel prakanker yang menunjukkan adanya penyakit tersebut. Namun, karena studi belum dapat disimpulkan, National Cancer Institute tidak merekomendasikan untuk atau terhadap penggunaan teh untuk mengurangi risiko dari setiap jenis kanker. Jadi sementara ini hanya dapat mencegah kanker prostat saja.

Untuk Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Awalnya teh tidak termasuk dalam daftar minuman yang dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Karena teh mengandung kafein. Dan Kafein bersifat diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Kemudian para ahli menemukan bahwa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kita harus minum minimal 8 gelas dalam sehari. Diantaranya boleh meminum minuman yang mengandung kafein asalkan tidak lebih dari 2 gelas sehari. Berarti minuman berkafein juga berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Untuk Kesehatan Jantung

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Belanda dan dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine, minum teh dikaitkan dengan penurunan lebih dari 50 persen dari kondisi aterosklerosis berat (pengerasan dan penyempitan pembuluh darah) pada wanita yang minum 1 sampai 2 cangkir teh sehari.
Para wanita yang minum lebih dari 5 cangkir teh sehari memiliki risiko terendah aterosklerosis. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan yang sama pada pria. Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Stroke, ditemukan bahwa konsumsi jangka panjang terhadap teh hitam, teh hijau, oolong atau teh putih dapat mengurangi risiko stroke sebanyak 60 persen. Para peneliti mengatakan antioksidan, ditemukan berlimpah dalam teh, yang mungkin memainkan peran penting dalam mencegah penyakit jantung.

Untuk  Kesehatan otak

Teh sangat efektif dalam pencegahan dan pengobatan penyakit saraf, terutama penyakit degeneratif seperti Alzheimer. Penelitian menunjukkan polifenol dalam teh hijau dapat membantu mencegah menurunnya kerja neurotransmitter yang terlibat dalam fungsi otak, seperti dopamin dan epinefrin. Hal ini juga dapat menghambat kepikunan, yang mengganggu kognisi. Secara keseluruhan, 1-2 cangkir teh hijau sehari dapat meningkatkan kinerja dan memori otak.

Untuk Kesehatan tulang

Teh hijau telah ditemukan mampu meningkatkan kepadatan dan kekuatan mineral tulang. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita lansia yang minum teh memiliki kepadatan tulang lebih tinggi pada pinggul mereka dan kehilangan tulang lebih sedikit dibandingkan wanita yang tidak minum teh. Para peneliti juga mengatakan bahwa hasil ini mengkonfirmasi penelitian sebelumnya yang telah menyarankan minum teh dapat melindungi terhadap kehilangan mineral tulang dan osteoporosis.

Untuk  Imunitas

Teh putih sangat efektif untuk memerangi infeksi yang disebabkan oleh Staph dan bakteri streptokokus, pneumonia dan kerusakan gigi. Tidak seperti jenis teh lainnya, teh putih mengalami sedikit pengolahan dan tidak difermentasi, sehingga tidak mengandung tanin tingkat tinggi  yang ditemukan dalam teh berwarna hitam dan teh hijau. Peneliti berpikir bahan kimia alami yang terkandung dalam teh putih dapat memberikan banyak manfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Info Terkait :

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan