Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi Secara Alami



Sudah lelah rasa sakit gigi yang sangat menyiksa ? ...
Obat sakit gigi memang sudah banyak dipasaran, namun tidak untuk mengobati, hanya meredakan rasa sakit secara sementara, setelah beberapa jam kemudian rasa sakit pada gigi itu pasti muncul lagi dengan tiba-tiba. Rasa sakit pada gigi juga sering terasa menjalar sampai ke kepala saking sakitnya. Biasanya sakit gigi itu dikarenakan dari gusi yang bengkak dan karang pada gigi yang menyebabkan gigi berlubang dengan sendirinya, dan pada lubang ityulah sisa makanan tersimpan dan menjadi sarang kotoran atau kuman pada gigi, dari situlah sakit gigi berasal .
Nah, sebelum mencoba mengobati dengan obat-obatan, ada baiknya anda gunakan bahan alami terlebih dulu untuk mengobati rasa sakit pada gigi, berikut diantaranya :

  • Belimbing wuluh

Pada dasarnya penyebab sakit gigi adalah karena terjadi infeksi yang disebabkan oleh perkembangan bakteri di dalam gigi dan oleh karena itu, anda dapat mengambil manfaat belimbing wuluh karena dalam belimbing wuluh sendiri mengandung zat antibakteri. Anda dapat melakukan cara mengobati sakit gigi ini dengan mengunyah belimbing wuluh dengan sedikit garam, gunakan gigi yang sakit untuk mengunyah. Memang awalnya akan muncul rasa sakit yang luar biasa, tetapi setelah itu rasa ngilu akan perlahan hilang. 

  • Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, anti-bakteri dan anestesi yang membantu mengurangi sakit gigi. Teteskan sedikit minyak cengkeh pada kapas lalu tempelkan pada gigi yang sakit untuk mengobatinya. Anda juga dapat mencampur beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam gelas diisi setengah dan menggunakannya

  • Merica

Obat alami ini dapat sangat bermanfaat ketika gigi menjadi sangat sensitif. Ambil merica dan garam dalam jumlah yang sama dan campurkan dengan beberapa tetes air untuk membentuk pasta. Oleskan pasta ini langsung pada gigi yang terkena dan diamkan selama beberapa menit. Ulangi proses ini setiap hari selama beberapa hari untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang.

  • Daun jambu biji

Daun jambu biji segar juga dapat meringankan sakit gigi. Kunyah satu atau dua lembar daun jambu biji. Kemudian oleskan gigi yang sakit. Atau godok 4-5 lembar daun jambu biji dalam segelas air. Tambahkan garam dan gunakan sebagai obat kumur.  

  • Es balok/batu

Ambil sepotong kecil es balik dan letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian tersebut, nah kini bisa Anda rasakan perlahan rasa sakit itu mulai hilangkan? Pemijatan nyaman oleh si es balok menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es balok langsung ke pusat syaraf, sehingga 60 – 90% rasa sakit yang Anda rasakan cepat menghilang.
 
  • Bawang merah 

Salah satu bumbu dapur ini juga dapat membantu meringankan sakit gigi anda. Selain itu, bawang merah pun ikut andil dalam membasmi kuman yang tumbuh dimulut anda. Anda dapat mengambil manfaat bawang merah ini dengan mengunyah bawang merah menggunakan gigi anda yang sakit. 
  • Bawang putih 

Selain dengan bawang merah, bawang putih ternyata dapat anda manfaatkan dalam cara mengobati sakit gigi. Caranya pun hampir sama yaitu dengan mengunyah bawang putih menggunakan gigi anda yang sakit dan perlu anda ketahui, bawang putih pun mampu meningkatkan kekuatan gigi anda lho.
 
  •  Garam

Tentunya bahan ini sudah tidak asing lagi bagi anda semua karena bahan ini dapat dengan mudah anda temukan di dapur. Garam merupakan salah satu bumbu wajib yang digunakan dalam memasak, memiliki rasa yang khas yaitu sangat asin. Anda dapat menggunakan garam dalam cara mengobati sakit gigi yaitu dengan melarutkan garam dalam segelas air putih kemudian anda gunakan untuk berkumur-kumur. Untuk larutan garam ini sebaiknya jangan anda telan, gunakan hanya sebatas pencuci mulut saja.
 
 
  • Daun kembang sore
Gunakan daun kembang sore direbus dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc, lalu selagi hangat digunakan berkumur-kumur.

  • Jeruk nipis
Peras sari jeruk nipis, pulaskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut juga berfungsi sebagai pereda sakit gigi Anda.
 
  •   Cabai hijau
Gunakan cabai hijau dipotong ujungnya sedikit lalu dibakar. Setelah panas, tempelkan cabai tersebut pada gigi yang sakit.
 
  • Obat Antibiotik
Gigi yang sakit merupakan penyakit umum. Penyebabnya adalah infeksi. Infeksi ini berasal dari bakteri dalam makanan yang tersisa di gigi. Gigi berlubang menyebabkan makanan tertinggal dalam gigi. Hal ini merupakan medium yang subur bagi perkembangan bakteri. Bakteri ini dapat menginfeksi gusi sehingga gusi dapat bengkak, berdarang dan nyeri. Untuk mengobatinya, gunakan antibiotik yang dapat menembus jaringan lunak seperti amoksisilin (Amoxsan, Kalmoxilin) atau Clindamisin (Probiotin, Climadan). Sedangkan untuk mengurangi rassa nyeri dapat minum asam mefenamat (Mefinal, Ponstan) atau diklofenak (Voltren, Voltadex). Jangan menggunakan asam mefenamat dan antalgin bersamaan, sebab obat tersebut satu jenis dan jika digunakan bersamaan dapat menyebabkan over dosis. Jika anda "berbakat' asma, obat tersebut dapat memicu serangan asma. Jadi dada anda sesak mungkin disebabkan hal ini. Saran saya, ganti antibiotik dengan Clindamycin (Probiotin, Climadan). Sedangkan untuk mengurangi sakit, gunakan diklofenak dan nutriflam.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep & Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing Muda

Cara Menghilangkan Noda Hitam Pada Kulit Wajah Secara Alami

3 cara agar rambut lurus alami tanpa Rebonding atau Smoothing