Tips Memilih Lipstik yang Aman - CantiKita

Tips Memilih Lipstik yang Aman

Advertisement
Untuk sebagian besar wanita, barang kecil yaitu lipstik merupakan salah satu kosmetik yang wajib dipakai dalam tata rias. Lipstik selalu diabawa kemana-mana, bahkan sebagian wanita merasa tidak percaya didri jika tidak memakai lipstik. Warna lipstik juga sangat beragam, muali dari warna yang soft sampai yang berwarna terang. Warna lipstik yang dipakai oleh wanita, akan menunjukan karakter dari wanita itu sendiri. Misalnya wanita yang memakai lipstik yang berwarna soft, karakternya cenderung romantis dan kalem, sedangkan wanita yang memakai warna lipstik yang terang, karakternya cenderung tegas dan seksi .

Biasanya, cara memilih lipstik yang aman  adalah dengan cara mencobanya langsung dan melihat efeknya. Memang untuk mengetahuinya apakah lipstik itu cocok dengan bibir kita dengan menggunakannya langsung. Ketika dipakai terasa lembut dan meninggalkan efek lembab dibibir dan meski lipstik itu hilang tapi meninggalkan pula kesan cerah, maka itulah lipstik yang cocok dibibir kita. Tapi, apa anda mau bibir anda rusak gara-gara terus menerus mencoba lipstik yang sesuai dengan bibir anda ? tentu tidak. Sebaiknya, sebelum anda memilih sebuah lipstik untuk anda gunakan, alangkah baiknya anda perhatikan dulu kandungan apa saja yang ada dalam lipstik tersebut, jangan sampai anda memakai listik yang berbahaya. Oleh karena itu, anda harus memilih lipstik seaman mungkin. Berikut ini adalah tips memilih lipstik yang aman, yaitu sebagai berikut :

Sesuaikan dengan warna kulit
Kulit putih
Pilih lipstik dengan warna plum reds, berry, wine reds, brown, light brown atau beige yang bisa masuk di warna kulit Anda. Warna-warna pink juga dapat dipilih karena warna pink dapat menjadi perpanjangan gradasi warna kulit. Walaupun demikian, Anda tetap harus cermat memilih lipstik dengan warna pink. Hindari bright pink atau neon color yang akan membuat Anda terlihat pucat.
Kulit kuning langsat
Beruntunglah  Anda yang mempunyai kulit ini, karena Anda dapat memilih lebih banyak warna yang bisa sesuai dengan warna kulit.  Anda bisa memilih warna deep brown, deep red, dark berry shades. Dan sebenarnya Anda masih bisa mengenakan warna cerah yang cantik sesuai dengan busana yang dikenakan, namun  sebaiknya Anda tak memilih warna orange dan pink cerah, agar kulit tak terlihat gelap.
Kulit sawo matang
Pilih lipstik warna deep pink, deep red, caramel, medium brown, creamy coffee dan semua brown palletes. Warna-warna ini dapat membuat kulit Anda terlihat bersinar dan tegas. Hindari pula shimmering yang akan membuat bibir Anda tampak tebal dan terlalu tegas.
Kulit gelap
Pilih lipstik warna palet merah, mahogany, deep plums, wine reds, dark brown, coffee, dan warna gelap lain. Jangan mengenakan lipstik warna orange.  Karena warna lipstik yang terlalu cerah hanya akan menegaskan warna kulit Anda yang lebih gelap.

Tes warna lipstik di ujung jari
Saat membeli lipstik dan mau mencobanya, jangan langsung mengaplikasikannya ke bibir, karena hal itu kurang higienis. Bayangkan saja berapa banyak orang yang telah menggunakan lipstik yang sama sebelum Anda.
Selain itu, jangan mengaplikasikannya ke punggung telapak tangan. Hal ini akan mengakibatkan pemilihan warna yang salah ketika diaplikasikan ke bibir, Langkah terbaik adalah dengan mengaplikasikan lipstik ke ujung jari untuk menentukan warna yang paling cocok.

Hati-hati dengan bahan berbahaya
Jaman sekarang banyak beredar produk kecantikan yang mengandung unsur-unsur berbahaya di pasaran. Salah satunya adalah timah. Jumlah kecil timah yang terdapat pada makanan kaleng tidak berbahaya bagi manusia.
Beberapa waktu yang lalu juga ditemukan Timbal di beberapa produk lipstik terkenal. Timbal adalah logam beracun yang telah dilarang penggunaannya dalam cat sejak tahun 1978. Timbal dapat merusak koneksi saraf dan menyebabkan gangguan peredaran darah serta otak. Paparan timbal untuk jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan sakit perut.
Untuk memastikan apakah lipstik yang dibeli memiliki kandungan berbahaya atau tidak, Anda bisa melakukan uji coba sederhana dengan mengoleskan lipstik ke permukaan tangan/tissue. Setelah itu, gosokkan cincin atau perhiasan lain yang terbuat dari emas ke tangan yang telah dioleskan lipstik itu. Apabila dalam beberapa menit warnanya berubah menjadi hitam, maka dapat dipastikan produk tersebut memiliki kandungan berbahaya di dalamnya.



Advertisement
Description: Tips Memilih Lipstik yang Aman, Rating: 4.5, Reviewer: Buruan Gerak, ItemReviewed: Tips Memilih Lipstik yang Aman
Info Terkait :

Tips Memilih Lipstik yang Aman