"Catatumbo"Petir Abadi yang Membelah Bumi Venezuela Sepanjang Tahun

CantiKita - "Catatumbo" Petir Abadi yang Membelah Bumi Venezuela Sepanjang Tahun. Untuk orang Indonesia petir mungkin dianggap sebagai hal yang cukup jarang ditemukan.

Petir di Indonesia biasanya terjadi hanya saat musim hujan saja, Tapi tidak di Venezuela, Amerika Selatan. Di negara ini terdapat petir abadi yang terus menerus membelah bumi Venezuela sepanjang tahun.

Orang Venezuela menamakan petir ini sebagai "Relampago de Catatumbo" atau petir "Catatumbo". Disebut petir Catatumbo karena petir ini terjadi di muara sungai Catatumbo di danau Maracaibo Venezuela. Sebenarnya petir ini sama dengan petir petir lainnya bedanya adalah petir disini terjadi 140-160 malam dalam setahun selama 10 jam setiap malamnya. Dalam 1 jamnya terjadi lebih dari 280 kali kilatan, atau lebih dari 4 kilatan dalam 1 menit. Jika dirata rata dalam satu malam lebih dari 2800 sambaran petir, artinya dalam satu tahun bisa terjadi lebih dari 400.000 kilatan petir. Petir ini akan memulai "pentasnya" setelah senja berlangsung.

Petir Catatumbo ini bisa terjadi saat cuaca cerah ataupun cuaca mendung dan berawan maka pantas saja petir Catatumbo ini disebut petir abadi.


petir abadi catatumbo venezuela
Petir ini terjadi karena gesekan awan yang berada di Pegunungan Andes. Awan petir ini bergesekan dan menimbulkan cahaya yang panjangnya bisa mencapai 5km, oleh karena itu Guiness World of Record mencatat  Petir Catatumbo ini  sebagai situs "The Highest Consentration of Lighting in The World" atau Pemusatan petir tertinggi didunia. Diduga petir ini adalah pembentuk lapisan ozone yang paling besar di muka bumi.

Pada bulan Januari 2010 Petir ini sempat menghilang tanpa ada yang tahu penyebabnya. Setelah dilakukan penelitian ternyata petir ini masih terus berlangsung hanya saja tidak terlihat secara langsung. Ini karena kekeringan yang sangat panjang di daerah tersebut. Tapi setelah beberapa saat tepatnya bulan April 2010 petir ini kembali membelah bumi Venezuela hingga saat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep & Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing Muda

Cara Menghilangkan Noda Hitam Pada Kulit Wajah Secara Alami

3 cara agar rambut lurus alami tanpa Rebonding atau Smoothing