tips mengencangkan kulit wajah secara alami

Cantikita - Seiring dengan berjalannya waktu kita tidak bisa menghindari kulit wajah yang akan semakin tua dan keriput, siapa sih yang gak mau kulitnya kencang kembali ? setiap wanita pasti menginginkan kulit wajahnya tetap kencang seperti muda kembali, dan tetap cerah berseri. sebelumnya kita harus tau dulu apa penyebab terjadinya keriput pada wajah,  berikut penjelasannya :

Kurang Tidur
Jangan sepelekan tidur cukup selama kurang lebih delapan jam. Kenapa? Jika waktu tidurmu nggak cukup, tubuh akan melepaskan hormon kortisol atau hormon stres dalam jumlah besar. Jika berlebihan, hormon kortisol bisa memecah kolagen kulit atau protein yang berfungsi membuat kulit tetap halus dan elastis. Saat kamu kurang tidur, hormon pertumbuhan yang dikeluarkan oleh tubuhmu juga menjadi lebih sedikit. Padahal hormon ini membantu meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, serta memperkuat tulang.

Terlalu Banyak Konsumsi Gula
Makanan manis yang mengandung banyak gula biasanya disukai oleh perempuan. Tapi, hati-hati, Bu, menurut sebuah penelitian, terlalu banyak mengonsumsi gula bukan hanya meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tapi juga bisa membuat kulit mengalami penuaan dini yang ditandai dengan munculnya keriput di wajah. Konsumsi gula yang berlebihan bisa membentuk molekul berbahaya yang disebut Advanced Glycation End Products (AGEs). Pembentukan AGEs di dalam tubuh bisa merusak kolagen dan elastin, komponen yang menjaga kulit tetap muda dan kenyal, akibatnya kulit lebih cepat keriput. Selain itu, kadar antioksidan dalam tubuh juga akan berkurang sehingga kulit akan rentan terhadap radikal bebas yang membuat penuaan dini terjadi lebih cepat.

Merokok
Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok memiliki banyak efek buruk untuk tubuh, salah satunya adalah kesehatan kulit wajah. Jonette Keri, MD, ahli kulit dari Universitas Miami, menyatakan bahwa asap roko membuat kulit kekurangan oksigen dan nutrisi. Itulah mengapa kulit perempuan perokok cenderung terlihat lebih pucat atau warna kulitnya nggak merata. Hal ini disebabkan oleh pigmen kulit yang nggak merata yang muncul lebih cepat pada perokok. Tiap isapan rokok juga ternyata merusak kolagen dan elastin kulit, karena dalam asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia dan racun. Akibat kulit kehilangan kekenyalan dan elastisitasnya, wajah jadi lebih kendur dan keriput lebih dalam.

Sinar Matahari
Terlalu sering terkena sinar matahari, khususnya sinar UV A, bisa membuat kulit kering, kasar, dan kehilangan kelenturannya. Hal ini disebabkan oleh sinar UV A yang masih ke dalam kulit merusak sel kolagen dan menyerap kelembapan sel-sel kulit. Sinar matahari juga bisa menimbulkan bintik-bintik cokelat yang membuat penampilanmu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Radiasi sinar UV ternyata juga bisa mengaktifkan enzim metalloproteinase yang bisa menghancurkan kolagen dan membuat garis kerutan dan keriput terbentuk di wajahmu.

Stres
Mungkin kamu sudah sering mendengar anjuran untuk menghindari stres karena bisa merusak kesehatan, salah satunya adalah kesehatan kulit. Sudah terbukti bahwa ternyata stres bisa menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, dan timbul kerutan. Stres membuat peredaran darah menjadi nggak normal, kadang mengalir terlalu sedikit atau malah terlalu banyak ke daerah wajah. Hal ini membuat kulit menjadi terlihat kering dan pucat. Saat stres, regenerasi kulit juga mengalami gangguan yang membuat sel-sel kulit baru lebih lambat tumbuh. Inilah yang menyebabkan kulit wajah jadi terlihat kusam akibat menumpuknya kulit mati di bagian wajah. 

setelah kita mengetahui apa penyebab dari terjadinya keriput pada wajah, kita bi9sa tau solisinya. nah, berikut ini adalah tips mengencangkan kulit wajah secara alami :


1. Air putih
Kenapa air putih ? Karena mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari atau 2L perhari dapat menjaga kelembaban kulit kita. Selain bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah,

2. Tidur cukup dan Hidari begadang
Karena tidur yang kurang maupun begadang akan menyebabkan kantong mata kita membesar dan membuat kita terlihat keriput serta tidak fresh.

3. Masker
Jika anda menyukai menggunakan masker, maka gunakanlah masker yang terbuat dari bahan alami yang anda buat sendiri, seperti : masker dari putih telur, pisang, dll.

4. Senam wajah
Agar kulit kita menjadi lebih rileks dan terlihat kencang tentunya.

5. Tabir Surya
Menggunakan tabir surya setiap hari merupakan salah satu cara dalam mencegah efek yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari secara langsung.

6. Makanan sehat
Jangan pernah berpikir bahwa makanan yang mengandung pengawet akan membuat anda terlihat awet muda pula ! Karena makanan yang mengandung pengawet akan merusak kesehatan kita yang secara tidak langsung akan merusak kulit kita pula. Oleh karena itu, makanlah makan-makanan yang sehat seperti buah dan sayur yang memiliki banyak manfaat untuk kulit kita.
selamat mencoba !

Postingan populer dari blog ini

Resep & Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing Muda

Cara Menghilangkan Noda Hitam Pada Kulit Wajah Secara Alami

3 cara agar rambut lurus alami tanpa Rebonding atau Smoothing